The Liebster Award; as I just got nominated

Tepat sembilan hari yang lalu smartphone saya (ceilee gaya banget :p) berbunyi, menandakan ada notification yang masuk ke twitter saya. Begitu dicek, ternyata itu adalah mention sekaligus tautan dari seorang teteh bernama teh Frida yang isinya menyapa para nominator The Liebster Award. Awalnya saya bertanya-tanya sekaligus merasa tersanjung, kata ‘award’ sendiri identik dengan sebuah penghargaan atas karya atau kinerja seseorang yang patut diapresiasi. Namun saya gak merasa sudah membuat suatu karya yang ‘wah’ sehingga layak diberikan penghargaan, dan juga saya gak merasa sedang ikut lomba tertentu kecuali sebuah lomba nulis kecil-kecilan dan itupun gak ada hubungannya sama teh Frida. Hehehe.. (peace teh^^v).

Setelah ditelusuri secara seksama ternyata The Liebster Award adalah sebuah penghargaan maya yang diberikan oleh seorang blogger ke blogger lain secara berantai, dari satu blog ke blog lain. Jadi gak ada sebuah event khusus yang mempertemukan para blogger ini untuk nantinya dilakukan seleksi dan penyematan award kepada mereka satu sama lain. Awal mula penghargaan ini dari Jerman, kelihatan dari namanya ‘Liebster’ yang berarti ‘dearest’ atau jika diartikan kedalam bahasa Indonesia ‘tersayang, terkasih dan tercinta’. Jadi The Liebster Award ini adalah “Penghargaan Tersayang”. Cihuuy 😀

Gambar

Gimana Sih Cara Kerja Award Ini?
Cara kerjanya mirip surat berantai. Setiap blogger yang dapet Award ini mesti nge-tag beberapa blogger lain untuk melakukan hal yang sama, tapi terkesan lebih berkelas, soalnya setiap orang yang dapet award ini mesti mikir untuk meneruskannya. Kalau surat berantai pada umumnya kan tinggal forward aja, tanpa mikir. Dan biasanya surat berantai itu annoying dan bikin ilfeel karena terkesan memaksa seseorang untuk melakukan apa yang dikehendaki dalam pesan itu, kalau award kan bikin senyum, tersanjung dan berbunga-bunga. Haha. Setiap blogger punya pilihan untuk mengapresiasi award ini atau meng-ignorenya, tapi saya pikir gak ada salahnya juga kita memberikan sedikit ‘kebahagiaan’ kepada seseorang meski hanya sekedar kata-kata dan tulisan. Cara kerja The Liebster Award ini seperti deret piramida, ya meskipun gak semua blogger punya link ke 11 blogger yang lain. Atau misalnya karena blogger itu temennya itu-itu juga, kadang jadi bingung mau nge-tag ke siapa lagi. Tapi gak ada salahnya buat dicoba 😀
Official Rules of The Liebster Award
The Liebster Award ini ada aturan mainnya lho, copy paste dari blognya teh Frida. Cekidot..
  1. Berterimakasih sama orang yang menominasikan kamu, dan cantumkan alamat blog dia di blog kita.
  2. Tampilkan gambar The Liebster Award di blogmu, boleh di post atau di widget. Terserah.
  3. Jawab 11 pertanyaan dari orang yang menominasikanmu untuk TLA.
  4. Tulis 11 fakta random tentang dirimu.
  5. Nominasikan 5-11 bolger yang menurutmu pantas untuk mendapatkan award ini, yaitu blog yang memiliki follower kurang dari 1000.
  6. Bikin 11 pertanyaan baru untuk blogger yang kamu nominasikan di TLA
  7. Masukkan peraturan dari The Liebster Award di postinganmu.
  8. Setelah postinganmu di publish, kamu mesti ngasih tau orang-orang yang kamu nominasikan dalam TLA, kasih mereka tautan postinganmu.

Thank’s so much much much.. teh Frida 😀

Makasih teteh, dengan senang hati aku terima TLA ini. hehe.. Afwan baru sekarang bikin postingannya, kemarin-kemarin banyak hal yang membuatku harus menunda dan menunda lagi. Idem juga sama Nisya dan Kamila, kalau ketemu kita kopdar dan harus banyak metik inspirasi menulis or apapun dari teteh..

Jawaban Atas Pertanyaan-pertanyaanmu Padaku..

1.       Sebagai seorang blogger, apa sih hambatan paling besar yang kamu rasakan untuk menulis?

Hambatan terbesar sebenernya klasik: malas, mood atau gak ada inspirasi. Kadang ketika inspirasi datang, tapi bingung merangkai kata dan menuangkannya kedalam sebuah tulisan. Seringkali pas malem-malem sebelum tidur, tiba-tiba saya pengen bikin sebuah tulisan dan saat itu juga buka laptop. Pas di depan laptop baru juga nulis beberapa paragraf tiba-tiba mentok, dan bergelayutan tentang hal-hal lain yang pengen ditulis atau kejadian-kejadian yang baru dialami tapi bingung mana dulu yang mau ditulis. Atau juga kejar-kejaran sama revisian skripsi atau TO yang deadlinenya sempit banget, jadilah tulisan-tulisan itu hanya sebuah draft tak terurus.hehe..

2.       Kamu punya target khusus untuk blogmu?

Kalau target khusus buat dijadiin semacam blog makanan, blog fashion, blog manga, dsb enggak. Sejauh ini blog cuma dijadiin tempat posting TO yang gak dimuat, atau menuangkan isi kepala dan membaginya dengan orang lain. Syukur-syukur kalau mencerahkan orang yang membacanya.

3.       Menurutmu yang paling enggak banget dari seorang blogger itu apa?

Ketika blog cuma dijadikan sarana curhat kegalauan semacam diary, atau ajang pelampiasan kamarahan tanpa tujuan yang jelas. Dan juga blogger yang blognya gak keurus sampe-sampe dia lupa ussername dan passwordnya (yang ini saya banget jaman dulu teh >.<)

4.       Siapa penulis favoritmu dan kenapa?

Syaikh Taqiyuddin An-Nabhani, karya-karyanya teramat dahsyat mengguncang duniaa. Tapi kerennya gak ada satupun kitab tulisannya yang menggunakan daftar pustaka atau referensi tertentu, itu karena beliau mujtahid mutlak sehingga cukuplah Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai referensinya. Pemikirannya mendalam dan cemerlang, sampai kitab-kitabnya dijadikan acuan baku bagi partai politik internasional yang didirikannya (Hizbut Tahrir).

Habiburrahman el-Shirazi, karya-karyanya keren, menyentuh hati dan menggugah jiwa. Bisa mengaduk-aduk hati dan perasaan, sering juga saya dibuat menangis atau tersenyum sendiri.

Felix Siauw, karya-karyanya mendalam namun masuk ke semua kalangan, terutama kalangan pemula yang ingin mengkaji Islam secara menyeluruh.

5.       Apa genre Fiksi yang paling kamu sukai dan kenapa?

Roman, detektif, horror. Baik dalam bentuk novel, film ataupun komik. Kalau detektif sukanya karena bikin kita mikir dan berlatih menganalisis sesuatu dengan kesungguhan dalam memutar otak, kalau roman bisa menghadirkan banyak inspirasi dalam hidup. Horror lebih ke hobby, tantangan dan keberanian.hehe

6.       Tentang Indonesia nih, menurutmu apa sih masalah yang paling krusial di negara Ini?

Simple sebenarnya, Allah memberi kita aturan tapi kitanya gak tahu diri. Gak mau menerapkan apa yang Allah perintahkan, malah sok-sokan bikin aturan sendiri. Jadi ya semua aspek kehidupan kacau balau (ekonomi, politik, sosial, budaya, keamanan, hukum,dll), udah gitu kitanya juga dosa.

7.       Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaikinya?

Mengkaji Islam dan berusaha mendakwahkannya, bergabung dengan partai politik internasional yaitu Hizbut Tahrir dan turut berjuang bersamanya untuk menyadarkan umat dan melanjutkan kembali kehidupan Islam.

8.       Apa Harapan kamu untuk pendidikan di Indonesia?

Berkualitas dan berlandaskan aqidah Islam, dengan begitu gak akan ada yang namanya kebocoran soal UN, manipulasi kelulusan, dsb.

8.       Makanan favoritmu apa aja?

Banyak banget, terutama yang manis-manis dan bikin eneg. Kayak ice cream, chocolate, pudding, cake, zupa-zupa, cappucino, durian, sandwich, dan segala sesuatu yang mengandung fla, mengandung gula, mengandung susu, mengandung keju, mengandung kalori tinggi, dsb. Tapi alhamdulillahnya ini semua gak bikin saya gemuk, sebanyak apapun mengkonsumsinya 😀

10.   Keterampilan apa yang ingin kamu kuasai?

Memasak, menjahit, mendesain baju, mendesain rumah, parenting, pokoknya hal-hal yang berbau ‘wanita’..

11.   Bahasa asing apa yang ingin kamu kuasai?

Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa hati

11 Fakta Random Tentang Saya

Sebenarnya ini kebanyakan buat saya, tapi dicoba aja ya. Semoga bisa nyampe 11 poin.hehe..

1. Mahasiswi semester 8 Fapet Unpad yang sedang menyelesaikan tugas akhir dengan objek penelitian unggas (broiler), daging dan lemak.

2. Pernah bercita-cita mendirikan sebuah peternakan unta dan kuda ala Nabi berskala internasional untuk menyokong sarana prasarana kendaraan perang ketika daulah tegak nanti, jadi kelak ketika saya nikah nanti suami saya harus mau diajak hijrah ke Timur Tengah 😀

3. Mengkaji Islam di Hizbut Tahrir dan mengenakan jilbab sejak kelas 2 SMP akhir, hal ini membuat kehidupan saya berubah 180 derajat. Saya merasa sangat bersyukur, karena ini anugerah terbesar dalam hidup saya^^

4. Sebagian orang bilang, saya nampak jutek kalau lagi diem. Padahal ini bawaan muka sejak orok.hehe

5. Waktu kecil takut sama gunung dan air yang menggenang. Takut gunung karena besar dan menjulang tinggi, tampak seperti monster yang akan mengikuti kita kemanapun kita pergi. Kalau air karena saya percaya gak percaya kalau dia berasal dari awan yang jatuh ke bumi.^^

6. Keranjingan baca koran dan majalah sejak sebelum TK, dibawah asuhan alm. kakek. Alhasil pas masuk TK udah bisa baca tulis.

7. Sejak kecil maniak film horror. Saya doyan nonton film horror di kamar, tutup pintu, matiin lampu, dan nonton pakai headset. Atau juga dengerin nightmare di Ardan radio dengan suasana yang sama. Kalau udah kayak gitu, sensasi horrornya dapet banget, dan besoknya nyeritain apa yang saya tonton atau denger ke orang lain.

8. Kalau lagi stress,  banyak makan dan ngemil.

9. Sedang merintis usaha kecil-kecilan bookstore

10. Pernah kecelakaan motor pas SMA, dan kepala saya benjol segede benjolan Shinchan kalo dijitak sama ibunya^^

11. Pernah cabut saat upacara karena gak mau disuruh hormat bendera, dan ngerem di kamar mandi sekolah. Akhirnya jadi ‘buronan’ anak-anak patroli.

Fiuh, nyampe juga sampe poin 11 ternyata. Dan sama seperti Kamila, untuk poin 5 dan 6 terpaksa harus saya skip karena masih bingung harus merantaikan ke siapa.hehe^^. Postingan kali ini cukup sampai disini ya. Bye-bye, makasih udah mau baca dan komentar 😀

10 respons untuk ‘The Liebster Award; as I just got nominated

    • Baru tahu teh? Temen-temen kuliahku aja sampe gak percaya pas ngeliat di laptopku koleksi filmnya horror semua.hihihi.. Kalo temen-temen KKN-ku sih udah gak aneh lagi, soalnya mereka tiap hari ngeliat aku ngelahap film horror melulu. Bahkan sampe bener-bener ‘kejadian’ di rumah KKN 😀

Tinggalkan komentar